Rabu, 14 November 2012

Petualangan Berang-Berang di Goa Pindul














lets, go!!!! akhirnya kita (grup berang-berang)  berangkat menuju lokasi yang bisa ngrefresh otak dan cari petualangan seru!!!. sesuai rencana kita akan berpetualang di goa pindul, terletak di desa Bejiharjo, karangmojo, gunung kidul, yogyakarta. gua pindul dapat ditempuh kurang lebih 1 jam dari solo atau 30 menit dari kota jogja. berhubung kita (grup berang-berang) sampai di lokasi sekitar 2 jam!!!!heee lumayan lemot. "biasa bro, kalau ga tersesat ga' seruuu!!!" kata ketua grup berang-berang.(ngeles). tersesat ko" bangga!!!hehehe lanjut.

menurut cerita penamaan goa pindul berasal dari kisah pengembaraan seseorang bernama joko singlulung yang tengah mencari bapaknya, dimana dalam pemgembaraannya menelusuri hutan yang sangat lebat, sungai, dan goa. selama menelusuri 7 goa, kepala joko singlulung terbentur oleh sebuah batu besar. goa dimana joko singlulung terbentur batu besar tersebut dinamakan goa pindul. gua pindul adalah gua dengan aliran sungai dibawahnya yang memiliki panjang sekitar 350 m, lebar 5 m, dengan kedalaman sekitar 5 - 12 m. goa ini memiliki 3 zona yaitu zona terang, zona remang, zona gelap. waktu tempuh menyusuri goa sekitar 45 menit.

Akhirnya...(alhamdullilah) grup berang2 sampai juga dilokasi goa pindul, setelah tersesat dan  terjadi perdebatan sengit antar personil berang2 hehe..., seperti anggota DPR saja yang selalu debat!!!. sampai diloket kita disuruh pilih paket wisata, ada beberapa paket wisata yang ditawarkan, yaitu penyusuran goa pindul, rafting sungai oya, petualangan ekstrem goa sie oyot. setelah mendengarkan mbaknya(panitia paket wisata) menjelaskan paket wisatanya, grup berang2pun rembug desa alias musyawarah ..., dan kita sepakat mengambil paket yang pertama, penelusuran goa pindul.

Tapi :(, hedeeehh...ternyata antri bro, banyak juga yang mau menelusuri goa pindul. yaaa...maklumlah namanya juga wisata..hehehe..,selang 20 menit, grup berang2pun dipanggil. YESS!!! giliran berang2 beraksi..!!! sebelum terjun kesungai kita dipandu seorang guide yang akan menemani kita sekaligus bercerita selama penelusuran gua pindul. peralatan yang wajib digunakan saat penelusuran, seperti pelampung, helm, dan ban. Yap!! pakai ban! namanya cave tubing mirip rafting(arung jeram), bedanya, rafting menggunakan perahu karet buat menyusuri aliran sungai, kalau cave tubing menggunakan ban untuk menyusuri aliran sungai di dalam goa. setelah pelampung, helm dipakai kita jalan kaki sambil membawa ban menuju mulut goa pindul. sesampai di mulut goa terlihat aliran sungai dibawahnya, WOw...keren...!!, pemandangan suasana disekitar goa masih alami dan asri.

Petualangan dimulai!!! 

Waktunya berdoa dulu! (berang2 alim). saatnya mengaitkan ban satu dengan yang lain, dimaksudkan agar nantinya tidak terlepas saat penelusuran. perjalananpun dimulai, beberapa meter masuk dari mulut goa, kita disajikan pemandangan yang luar biasa, dinding goa terlihat seperti ornamen bermotif abstrak dengan proses yang alami, ada juga yang terlihat seperti tirai, yang tersusun dari air dinding goa, diatap goa masih terlihat kelelawar bergelantungan, kalau pernah nonton filmnya batman, kita merasa berada di tempat persembunyiannya yang penuh kelelawar di sekitarnya. satu lagi pemandangan yang tak lepas dari goa, seperti stalagtit dan stalagmit di beberapa sudut nampak seperti kristal. semakin kedalam mata kitapun terpukau, ada sebuah tiang, stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit dengan ukuran paling besar di goa pindul. kata guidenya stalagtit ini adalah stalagtit peringkat keempat didunia. kemudian ada juga stalagtit yang masih aktif yang konon apabila menanti tetesan airnya, bagi wanita bisa bikin cantik dan awet muda, kalau untuk pria  ada stalagtit jantan yang katanya bisa menambah vitalitas, cukup memegangnya saja, wow...boleh juga nih buat grup berang yang pria kayaknya kurang vitalitas semua..hehehe.....




 "piye mas bro, rasane bar ndemok watune kwi"?( bagaimana mas bro, rasanya memegang batunya) tanya guide ke salah satu personil berang2. " rasane, mak GREEEENNNGGG mas!!!!( lebaaayyy). Memasuki zona terang, zona faforit bagi grup berang2, soalnya viewnya bagus buat foto-foto dan tempatnya cukup luas, dibagian atap goa ada lubang yang cukup besar sehingga sinar matahari dapat menembus dan membiaskannya kedinding goa, menjadikan suasana goa jadi terang. Zona terang ini juga dijadikan tempat masuk tim SAR dan komunitas pecinta alam yang ingin berlatih, melalui lobang diatap goa.

Waktunya foto-foto..!!!









Setelah berfoto ria sambil ngekek-ngek (tertawa-tawa), perjalan dilanjutkan yang akhirnya keluar dari dalam goa. diluar goa kita langsung disuguhi pemandangan bendungan banyumoto yang dibangun pada jaman belanda. bendungan ini ternyata juga seru lho !!! kita bisa loncat atau salto di air, di sudut terdapat gundukan batu yang masih menyatu dengan goa, dengan ketinggian sekitar 5 m. saatnya menguji adrenalin grup berang-berang...

loncaaaaattt,.....byuuuurrrrrrr.........!!!!!

satu persatu berang-berang pun terjun bebas di air......










Aksi berang-berang yang terjun diair adalah akhir dari peneluran di goa pindul, walaupun basah kuyup dan pantat sedikit panas, efek dari salah loncattt..hehe maklum bukan atlit loncat indah. ternyata sensasi petualangan digoa pindul SERU! dan berang2pun senang....qiqiqiqi...


wongtravel!!!
:)






 

7 komentar:

  1. ajak2 dong.. grup berang-berangg....

    :p

    BalasHapus
  2. Ke goa pindul sekarang berapa mas? Bisa anterin dik Migie kesana ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. murahhh,!!! cuman 25 rb/ orang, ntar tak kenalin ma guidenya, namanya Imam godbywisky, orangnya unyu2..hehehe..

      Hapus
  3. pindul asoooyyyy

    BalasHapus
  4. wah, masnya ndak update. Kan sekarang masuknya 30 ribu.. Huft, gimana sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho wes mundhak tho? ya wajarlah kalau naik, harga beras aja jg naik terus..hehehe., maksih atas konfirmasinya..

      Hapus